MAU SEHAT ALA RASULULLAH SAW??!

Hi, Guys! Tahukah kamu? Rupanya tanpa kita sadari, dalam makanan yang kita makan sehari-hari itu ada juga lho yang gak boleh kita makan (sembarangan). Why? Karena inilah penyebab berseminya berbagai klan penyakit antara lain: penyakit kencing manis, lumpuh, sakit jantung, keracunan makanan, sakit kepala, dan penyakit lainnya.

Sebagai rahasia dunia nih, Rasulullah Muhammad saw., saat hidup tidak pernah sekali pun merasakan sakit, bahkan hanya sakit ringan. Gak ada tuh Hadist atau riwayat yang menceritakannya beliau sakit berat atau tumbang karena kecapean. Padahal, amanah Rasulullah saat itu pastilah segudang, buanyaaak banget. Tak ada habisnya! Lalu bagaimana sih sejatinya Pola Sehat Ala Islam sampai Nabi Muhammad saw., bisa seperti itu? Sebenarnya, kita juga bisa kok mencontoh apa yang telah beliau lakukan supaya tubuh kita senantiasa segar-bugar dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Dengan berjibunnya amanah yang kita sunggi.

Dalam kacamata Islam, Rasulullah saw., telah mencontohkan pola makan yang cerdas. Seperti ketika makan daging domba atau onta selalu memilih pada bagian pahanya.Karena kita tahu pada bagian paha hewan yang selalu aktif bergerak menyebabkannya tidak terlalu mengandung lemak. Artinya, pada bagian pahalah benar-benar daging yang mengandung protein tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bandingkan dengan masyarakat indonesia pada umumnya saat makan satu mangkuk sup, seperti kita semua tahu  isinya bisa berbagai macam bagian tubuh mulai dari seluruh isi perut dan lemak habis dilahap. Wew! Padahal, dalam satu mangkuk itu ada yang menyebabkan asam urat, darah tinggi,  jantung koroner, dan penyakit lainnya.

Diet Rasullulah saw., menyebabkan beliau tak pernah sakit perut sepanjang hayatnya karena pandai menjaga makanannya sehari-hari. Insya Allah kalau kamu ikut diet Rasullullah ini, kamu tidak akan menderita sakit perut atau pun keracunan makanan.

 

Inslam mengajarkan kita untuk tidak memakan makanan darat bercampur dengan makanan laut. Nabi Muhammad saw., pernah mencegah kita makan ikan bersama susu. Karena akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam mengandung ion (+) sedangkan dalam ikan mengandung ion (–). So, jika dalam makanan kita… misalnya saja ayam bercampur dengan ikan, pasti akan terjadi reaksi biokimia yang dapat merusak usus kita. Berikut ini adalah data campuran makanan yang sebaiknya dihindari…. “_^

       @Jangan makan SUSU bersama DAGING (Kebayang enegnya perut kayak apa. Kasihan. Lemak semua…)

       @Jangan makan DAGING bersama IKAN (Barusan jleb banget karena ada dua-duanya! Langsung aja aku pilih salah satunya buat disantap, yaitu ikan laut.)

       @Jangan makan IKAN bersama SUSU (Oke!)

      @Jangan makan AYAM bersama SUSU (Syukur deh, aku jarang minum susu)

       @Jangan makan IKAN bersama TELUR (mmh, gak lagi-lagi deh ya… L)

       @Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD (astaghfirullah, ini masih suka kemakan…)

       @Jangan makan SUSU bersama CUKA (aneh banget ini mah!)

       @Jangan makan BUAH bersama SUSU, contoh: KOKTAIL, JUS (untungnya, suka rasa buah alami)

Selain pola makan yang telah disebutkan di atas, Rasulullah juga mencontohkan pola hidup sehat ala Islam, lho! Sebagai contohnya adalah membiasakan diri bangun pada waktu dini hari. Nabi Muhammad saw., sudah mencontohkan kebiasaan ini pada umatnya dengan bangun kemudian salat tengah malam, sekitar pukul 02.00 dini hari sampai subuh. Mengapa demikian? Hei, ternyata oksigen pada waktu dini hari tersebut masihlah segar. Ada aura biru semesta yang menentramkan dan meneduhkan hati tatkala Allah Swt mengganti semua oksigen di bumi yang telah kotor dengan cara mengangkatnya ke langit dan kemudian diganti dengan oksigen yang baru. Selain itu, kebiasaan bangun dini hari juga sangat bagus untuk otak, Frekuensi alam semesta yang sempurna untuk memudahkan kita dalam menghafal Al-Quran. Amazing banget, kan?!

 

Eits, tunggu dulu… Sekarang baca juga ya, CARA MAKAN lainnya yang juga Rasulullah saw., anjurkan. Sebagai pemerkuat referensi hidup sehat kamu.

  • Jangan makan buah setelah makan nasi, sebaliknya makanlah buah terlebih dahulu, baru makan nasi.
  • Tidur 1 jam setelah makan tengah hari.
  • Jangan sesekali tinggal untuk makan malam . barang siapa yg tinggal untuk makan malam dia akan dimakan usia dan kolesterol dalam badan akan berganda. (maksudnya, jangan makan malam)

Rasulullah sebagai teladan umat juga mengajarkan kita menjaga kesehatan seperti membuat amalan antara lain sebagai berikut.

#  Mandi pagi sebelum subuh, sekurang kurangnya sejam sebelum matahari terbit. Air sejuk yang meresap kedalam badan dapat mengurangi penimbunan lemak. Kita boleh saksikan orang yang mandi pagi kebanyakan badan tak gemuk.

#  Rasulullah saw mengamalkan minum segelas air sejuk (bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya Insya Allah jauh dari penyakit (susah mendapat sakit).

Rasulullah menganjurkan makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Tubuh setiap manusia yang hidup di muka bumi ini kan terbagi atas tiga bagian yaitu 1/3 adalah makanan, 1/3 lagi air, dan 1/3 sisanya untuk oksigen. “Jika ketiganya itu  tidak seimbang, otomatis tubuh manusia pun tidak akan normal.

#  Rasulullah saw., senantiasa membiasakan diri berjalan kaki. Rasulullah saw., begitu menyukai berjalan kaki, walau sebenarnya dapat menunggangi onta. Salah satu manfaat dalam berjalan kaki adalah dapat memperlancar peredaran darah dengan terbukanya pori-pori kulit lebih lebar, sehingga sirkulasi oksigen ke dalam tubuh lebih lancar. Keren, kan?

#  Waktu sembahyang subuh disunatkan kita bertafakur (yaitu sujud) sekurang kurangnya semenit setelah membaca doa). Tafakur sesaat seperti 70 tahun ibadah nilainya.

#  Kita akan terhindar dari sakit kepala atau migrain. Ini terbukti oleh para ilmuwan yang membuat kajian kenapa dalam sehari perlu kita sujud. Ahli-ahli sains telah menemui beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah di kepala yg tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud maka darah akan mengalir keruang tersebut.

#  Nabi saw juga mengajar kita makan dengan tangan dan bila habis hendaklah menjilat jari. Begitu juga ahli saintis telah menemukan bahwa enzim banyak terkandung di celah jari jari, yaitu 10 kali ganda terdapat dalam air liur.

#  Rasulullah memperbanyak berpuasa. Dalam salah satu hadis Nabi dijelaskan bahwa Suumu tasihhu yang maknanya berpuasalah agar kamu sehat. Minimal dengan berpuasa, memberikan kesempatan pencernaan untuk dapat beristirahat. Subhanallah!

Image

Oya, masih ada sisi menarik lain dari cara makan Rasulullah, deh! Let’s check it out…

SUNAH CARA MAKAN MENURUT NABI MUHAMMAD SAW adalah sebagai berikut.

*  Makan garam secuil sebelum makan untuk menolak 70 macam penyakit dan ambil lagi secuil dengan jari manis tangan kanan setelah makan. Makanlah dengan tangan kanan tanpa sendok. Sebaiknya, kita yang menunggu makanan dan bukan makanan yang menunggu. (Hehe, udah benda mati, disuruh menunggu pula… tega-teganya. Upz…)

*  Berdoa sebelum dan setelah makan. Cuci tangan. Dan minum (sembari memegang gelas dengan tangan kanan) meskipun tangan tersebut bekas kuah.

*  Duduk di bawah, bukan di bangku dan dimulai dari pinggir dan terakhir ke tengah. Baik sekali makan berjamaah bersama keluarga, maupun teman. Seperti ketika haji atau buka puasa bersama di Masjid dalam satu nampan bisa untuk empat orang. (khusus untuk ini mohon disesuaikan juga dengan kondisi yang tengah terjadi. Pandai-pandai membaca keadaan dengan tetap memegang prinsip selama tidak bertentangan secara syar’i)

*  Jangan sisakan sebutir nasi pun ya, karena nasi ini berdzikir. (Ofcourse, nasi pun ciptaan Allah)

Di atas sudah dijelaskan bagaimana sih, pola makan sehat ala Rasulullah SAW sehingga membuat semasa hidup beliau senantiasa sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Iri banget kan pastinya??! Sekarang keputusan ada di tangan kamu, nih… Sebagai umat Islam, apakah kamu akan mengikuti jalan suri teladan terbaik kamu atau tidak? Itu adalah pilihan kamu. Selamat mencoba, ya! At last, untuk siapa pun kamu… Aku berdoa semoga kamu senantiasa sehat. Umat, negara, bangsa, dan orang-orang sekelilingmu membutuhkanmu selalu.

Salam sehat,

Vadenfah Rerisla

10 Tips Menjadi Pribadi Yang Menarik Hati

Kata kunci yang harus diperhatikan dalam berhubungan dengan orang lain adalah harga diri. Begitu pentingnya harga diri, sehingga tidak sedikit orang yang mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan harga dirinya.

Untuk menjadi pribadi yang disukai, harus terus belajar memuaskan harga diri orang lain. Karena dengan harga diri yang terpuaskan, orang bisa menjadi lebih baik, lebih menyenangkan, dan lebih bersahabat.

1.ROYALAH DALAM MEMBERI PUJIAN
Pujian itu seperti air segar yang bisa menawarkan rasa haus manusia akan penghargaan. Dan kalau Anda selalu siap membagikan air segar itu kepada orang lain, Anda berada pada posisi yang strategis untuk disukai oleh orang lain. Caranya? Bukalah mata lebar-lebar untuk selalu melihat sisi baik pada sikap dan perbuatan orang lain. Lalu pujilah dengan tulus.

2.BUATLAH ORANG LAIN MERASA DIRINYA SEBAGAI ORANG PENTING
Tunjukkanlah dengan sikap dan ucapan bahwa anda menganggap orang lain itu penting. Misalnya, jangan biarkan orang lain menunggu terlalu lama, katakanlah maaf bila salah, tepatilah janji, dsb.

3.JADILAH PENDENGAR YANG BAIK
Kalau bicara itu perak dan diam itu emas, maka pendengar yang baik lebih mulia dari keduanya. Pendengar yang baik adalah pribadi yang dibutuhkan dan disukai oleh semua orang. Berilah kesempatan kepada orang lain untuk bicara, ajukan pertanyaan dan buat dia bergairah untuk terus bicara. Dengarkanlah dengan antusias, dan jangan menilai atau menasehatinya bila tidak diminta.

4.USAHAKANLAH UNTUK SELALU MENYEBUTKAN NAMA ORANG DENGAN BENAR
Nama adalah milik berharga yang bersifat sangat pribadi. Umumnya orang tidak suka bila namanya disebut secara salah atau sembarangan. Kalau ragu, tanyakanlah bagaimana melafalkan dan menulis namanya dengan benar. Misalnya, orang yang dipanggil Wilyem itu ditulisnya William, atau Wilhem? Sementara bicara, sebutlah namanya sesering mungkin. Menyebut Andre lebih baik dibandingkan Anda. Pak Peter lebih enak kedengarannya daripada sekedar Bapak.

5.BERSIKAPLAH RAMAH
Semua orang senang bila diperlakukan dengan ramah. Keramahan membuat orang lain merasa diterima dan dihargai. Keramahan membuat orang merasa betah berada di dekat Anda.

6.BERMURAH HATILAH
Anda tidak akan menjadi miskin karena memberi dan tidak akan kekurangan karena berbagi. Seorang yang sangat bijak pernah menulis, Orang yang murah hati berbuat baik kepada dirinya sendiri. Dengan demikian kemurahan hati disatu sisi baik buat Anda, dan disisi lain berguna bagi orang lain.

7.HINDARI KEBIASAAN MENGKRITIK, MENCELA ATAU MENGANGGAP REMEH
Umumnya orang tidak suka bila kelemahannya diketahui oleh orang lain, apalagi dipermalukan. Semua itu menyerang langsung ke pusat harga diri dan bisa membuat orang mempertahankan diri dengan sikap yang tidak bersahabat.

8.BERSIKAPLAH ASERTIF
Orang yang disukai bukanlah orang yang selalu berkata Ya, tetapi orang yang bisa berkata Tidak bila diperlukan. Sewaktu-waktu bisa saja prinsip atau pendapat Anda berseberangan dengan orang lain. Anda tidak harus menyesuaikan diri atau memaksakan mereka menyesuaikan diri dengan Anda. Jangan takut untuk berbeda dengan orang lain. Yang penting perbedaan itu tidak menimbulkan konflik, tapi menimbulkan sikap saling pengertian. Sikap asertif selalu lebih dihargai dibanndingkan sikap Yesman.

9.PERBUATLAH APA YANG ANDA INGIN ORANG LAIN PERBUAT KEPADA ANDA
Perlakuan apapun yang anda inginkan dari orang lain yang dapat menyukakan hati, itulah yang harus anda lakukuan terlebih dahulu. Anda harus mengambil inisiatif untuk memulainya. Misalnya, bila ingin diperhatikan, mulailah memberi perhatian. Bila ingin dihargai, mulailah menghargai orang lain.

10.CINTAILAH DIRI SENDIRI
Mencintai diri sendiri berarti menerima diri apa adanya, menyukai dan melakukan apapun yang terbaik untuk diri sendiri. Ini berbeda dengan egois yang berarti mementingkan diri sendiri atau egosentris yang berarti berpusat kepada diri sendiri. Semakin Anda menyukai diri sendiri, semakin mudah Anda menyukai orang lain, maka semakin besar peluang Anda untuk disukai orang lain.

Dengan menerima dan menyukai diri sendiri, Anda akan mudah menyesuaikan diri dengan orang lain, menerima mereka dengan segala kekurangan dan keterbatasannya, bekerjasama dengan mereka dan menyukai mereka. Pada saat yang sama tanpa disadari Anda memancarkan pesona pribadi yang bisa membuat orang lain menyukai Anda.

thx to 11123 on kaskus