Benang Perak

 

Rusia, 18 September  2015

Assalamu’alaikum.

Apa kabarmu, Rusia? Barangkali kau terlalu lama menunggu hadir saya. Hingga rasanya tak sabar lagi untuk menyaksikan kedua kaki gagah saya ini untuk menapak ke negerimu. Negeri yang dulu disumpah Bapak Presiden Sukarno bahwa beliau takkan sekalipun menginjakkan kaki kesana jika presidenmu tak menemukan makam Imam besar kami, Imam Bukhari. Sampai akhirnya presidenmu mengerahkan pasukan besar untuk mengobrak-abrik informasi kesana kemari, mencari jawab akan tantangan Bapak Presiden pertama kami yang begitu hebat serta Islami. Singkat cerita, ketemulah makam imam besar panutan kami dalam menjaga hadits Rasulullah tersebut. Di daerah samarkand, Uzbekistan. Today, here I’am and I’m writing about you now, Rusia.

Saya kangen hadirmu. Saya kangen Istana Kremlin. Saya kangen tulisan Kiril. Saya kangen keramahanmu dalam menyambut kedatangan saya, sambutan paling ramah khas untuk saya, putri bangsa Indonesia. Salam kehormatan terindah yang kau berikan pada saya sebagai anak bangsa Indonesia yang insha Allah senantiasa berusaha dan berdoa untuk negara kami yang baldatun thayibatun wa rabbun ghafuur. Sebagai langkah untuk memekarkan janji yang Allah buktikan dalam Al-Qur’an akan kekuatan negeri kami.

Tahukah kau, betapa kuat ingin ini sejak semula untuk mengunjungimu. Menyaksikanmu secara langsung. Merekam pesona alammu dengan kedua lensa tercanggih saat kedua mataku membidikkan blitz lewat kamera Canon DSLR ISO 100, lensa 24-240mm.

Lalu saat ini, kutemukan benang perak atas namamu yang terus bekejaran di kepala dan dadaku. Atas permintaan sederhana Appa, bapakku. Atas semua kebaikanmu untuk mengundangku secara khusus ke tempatmu. Bahwa di mana pun yang disebut benang perak itu akan selalu ada. Meskipun pada akhirnya ada juga yang berbentuk emas. Alhamdulillah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s