The Magnetic Methods (2)

Masih melanjutkan The Magnetic Methods yang pada kesempatan ini akan kembali kita bedah sesuai prioritas urutan berikut.

  1. DELIMA √
  2. TABU √
  3. PDCA √
  4. PELAN-PELAN (NOW!!!)

bouquet-of-roses

Ada yang bilang alon-alon asal kelakon yang kalau kita artikan pelan-pelan yang penting terselesaikan. Cung, yang orang Jawa? Lah, yang ngacung saya sendirian… “_^ Padahal, kalau buat saya selama bisa dilakukan dengan cepat dan segera why not, toh? *_^

Terus, pelan-pelan di sini tuh maksudnya ya apa? Eits, mohon ralat ya. Kapital semua loh penulisannya. PELAN-PELAN, kan akronimnya jadi bagus plus enak dikatakan saat ada pengulangan.

PELAN-PELAN adalah metode temuan saya di MPMW, setelah bertahun-tahun ngubek-ngubek dunia kepenulisan.

PELAN itu terdiri atas kata Puisi, Epos, Lagu, Artifisial, & Nulis harian. Puisi, tuliskan beberapa larik puisi yang memikat hatimu. Entah dari judulnya, lariknya, atau diksi-diksi yang bisa kita ‘curi’ dari puisi-puisi inspiratif yang indah tersebut. Epos, tuliskan beberapa potongan kisah sejarah, kisah-kisah epik dunia yang kita ketahui. Sedikit atau banyak itu akan jadi cambuk ide buat kita terus menulis. Lagu, tuliskan judul lagu, syairnya, atau jenis musik lagunya yang selama ini kita kenang atau jadi kenangan buat tetangga kita. Tetangga saya suka sekali lagunya Ridho Roma, Rita Sugiarto, dan Nike Ardilla. Atau bahkan lagu-lagu jadul kenangan bapak-ibu kita. Artifisial, tuliskan lukisan, pahatan, mural, mozaik, atau jenis-jenis patung untuk mengambarkan sifat, sikap, keadaan, bahkan perilaku seseorang dalam tulisan kita. Nulis harian, terakhir kita sering mengenalnya sebagai diary. Diary itu berharga loh untuk jadi inapirasi menulis kita yang paling atau cukup menukik. Walaupun cuma, sepatah dua patah kata. Hari ini hatiku galau dilanda larung dukamu atau apalah feeling harian yang teman-teman rasakan. Nulis harian penting untuk melatih konsistensi ketajaman ingatan kita. Itu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s