The Magnetic Methods (1)

beautiful-blossoms-book-books-flower-218970

Ada yang masih ingat tidak, kira-kira kapan pertama kali teman-teman mulai belajar menulis? Apakah saat pertama kali teman-teman belajar menulis itu, sama dengan yang saat ini teman-teman lakukan? Aduuh, masha Allah ya Vadenfah Rerisla ini, kapan awal mula menulis saja belum tentu ingat apalagi soal cara, metode, bahkan gaya menulisnya.

Teman-teman, a lot of writing itu banyak sekali jenisnya. Genre-nya macam-macam. Ada yang teenlit, yang gaya kepenulisannya meremaja sekali. Roman, yang menceritakan romansa kehidupan tokoh dengan segala aromanya yang pelik namun indah dan penuh nuansa romantis. Ada yang adventural, bercerita seputar petualangan dan penjelajahan. Bahkan ada yang berjenis horor atau detektifisial story yang kerap kita kenal teka-teki cerita. Setiap genre penulisan, memiliki metode yang berbeda-beda.

Nah, lalu di MPMW apa yang berbeda metodenya. MPMW menggabungkan semua talenta kecerdasan fisikal, jasmaniyah, ruhiyah, dan indrawi.

Sederhananya, magnetik metode yang pertama adalah DELIMA. DE-dengarkan (tuliskan apa yang teman-teman dengar). Ada yang lagi membahas suatu film, mode pakaian, seseorang, atau masalahnya. Tuliskan. LI-lihatlah apa yang orang lain lakukan. Baik yang sedang, sudah, atau akan dilakukan. Perhatikan saja geraj-geriknya bersikap, bertutur, berpakaian, saat tersenyum, bingung, atau marah. Tuliskan. MA-merasakan apa yang teman-teman alami. Apa yang orang lain rasakan. Apa yang ortu, teman, dan negeri ini rasakan. Tuliskan.

Paham sampai sini. Kita diskusi dulu sejenak. Setelah itu, baru saya lanjutkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s