Membuka Lebar Pancang Harapan  

Adalah suatu kegiatan yang menakjubkan dan mencengangkan membaca buku Bambang Trim (Trimansyah) yang berjudul Menggagas Buku. Sebelumnya saya juga telah membaca pernyataan seorang imam, imam Al-Ghazali, dalam bukunya Ihya Ulumuddin, yang beliau kutip isinya dari Ibnu Mas’ud.

Jika seseorang ingin memiliki ilmu pengetahuan masa lampau dan pengetahuan modern, selayaknyalah dia merenungkan al-Qur’an. Di dalam al-Qur’an terdapat indikasi pertemuan ilmu-ilmu.

Katakanlah buku sebagai analogi dari al-Qur’an itu meskipun sangat tidak pantas menyamakan al-Qur’an yang mulia dengan sebuah buku. Akan tetapi, al-Qu’ran memang bisa menjadi sebuah buku yang kedudukannya lebih tinggi dibanding UU dan al-Qur’an takkan pernah mengalami lebel kadaluwarsa sebab sifatnya universal sepanjang zaman. Begitupun ayat-ayatnya berlaku dengan panjang nafas. Selamanya. Terjamin dunia dan akhirat.

Adapun saya makin merasai konteks diri, lingkungan, dan kehidupan ini dengan membaca buku tersebut. Saya membacanya dengan hati, dengan segenap yang ada di diri ini hingga terhujam dalam-dalam pernyataan Karlina Laksono dari buku Bambang Trim tersebut.

Buku. Sebuah benda mati, tetapi kehidupan terus di dalamnya.

Saya terus membaca buku tersebut. Memang buku pinjaman dari Pak Kosasih, dosen saya, tersebut seperti menyirap saya. Sampai akhirnya, saya mendapatkan sesuatu yang amat berharga yang nilainya takkan pernah didapat oleh siapa pun. Apa itu? Ada yang tahu? Ya, kecepatan membaca saya meningkat drastis. Selain itu, semangat menulis saya menjadi kian menyala, daya pikir saya pun makin tajam, dan inilah yang melengkapi jiwa sekaligus pencarian saya selama ini. Hmm, hebat sekali!!! Alhamdulillah wa Allahu akbar.

Saya menemukan jati diri editor di sini. Jati diri yang telah saya tanamkan dalam-dalam di dasar hati. Pintu harapan dan pemikiran saya makin terbuka lebar karena saya akan bisa menjemput profesi besar tersebut. Satu keyakinan saya saat ini adalah bahwa saya bisa menjadi editor dan itu akan segera terjadi. Insya Allah. Harus!

Kota Kembang, 27 April 2008

11.40

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s