Antara Bangga dan Haru

Bismillah, yang dengan-Nya dimulai semua permulaan dan segala kebaikan. 

Antara bangga dan haru. Dua kata itu yang menyelusup di relung kalbu. Bahwa seseorang yang aku sebut sebagai ‘anakku’ berhasil menyelesaikan soal paling banyak.

Weist, ini tentang apa sih sebenarnya? Itu lho lomba Matematika PASIAD kemarin Sabtu, 07 Maret 2015. Sebelumnya, anakku sempat mengaku bahwa dia hanya mampu menyelesaikan 7 soal. Saat itu, aku sedikit tercenung. Meski langsung aku sambut dengan senyum dan ucapan, okelah. Pantas saja, saat itu ada rasa sedikit tak percaya kalau anak tertuaku itu hanya mampu menuntaskan 7 soal.

phoca_thumb_l_kawanimut_fairy_in_love_5.

Taraaa! Dan hari ini, dia mengatakan sesuatu bahwa soal yang dikerjakannya adalah 43 butir soal. How incredible! Ada rasa bangga bercampur haru berkelindan dalam kumparan dadaku. Dia mengatakan bahwa dia menutupi fakta itu agar tidak disebut sombong. I’m really speechless. And, I love you, Nak… Love you soo much. Saya mengatakan itu tadi. Anak itu langsung lari ke kelasnya. Terima kasih sudah membuat Ibumu ini bangga dan haru. Semoga hasil usahamu juga membanggakan ayah dan ibu kandungmu nanti. Agar kamu bisa membuktikan pada ayahmu bahwa kamu beruntung memilikinya dan beliau sangat beruntung memilikimu.

Dalam setiap dekapan doa, sujud kepasrahan, dan berpilin-pilin pikiran di malam-malam yang begitu panjang, disaksikan dua larung hitam yang semakin dalam melingkari kedua mata Ibumu ini—katamu, kenapa ya lingkaran hitam di bawah matanya semakin ada dan gak hilang-hilang—mengamini niat kukuhmu untuk lulus UN dengan nilai jumlah total nem/passing grade 40,00. Ibumu ini ikhlas membimbing dan mendoakanmu… Insya Allah, lillahi ta’ala.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s