Sakura in My Life

Karawang, 24 Mei 2014

Sesaat mata saya langsung tertawan pada barisan pepohonan yang ada di pojok sana. Hamparan bunga berwarna merah jambu yang bertebaran di bawah jalannya membuat saya semakin sulit untuk melepaskan pandangan. Barisan pohonan sakura yang membentang di sisi jalan, sebuah deskripsi nyata indahnya panorama alam di negeri Jepang. Mimpi besar hidup saya untuk menginjakkan kaki di sana terbuka lebar kembali. Semangat melanjutkan S2 di The University of Tokyo, Bidadari Bermata Jeli… 😀

Saat kedua lensa pandang saya menangkap pohon sakura itu, tiba-tiba nada-nada ritmis Notes ‘n’ Words mengalun di dalam kepala dan hati saya. Sok romantis banget. :p Gila ya saya… Ooh, bukan gila juga sih. Unik kok, Va… Karena saya suka lagu ini. “_^ Jarang-jarang kan saya suka lagu melankolis. Padahal, karakter saya sangat menyukai lagu-lagu bergenre ceria plus penuh hentakan semangat. Maklum jiwa perjuangan 45 saya sudah terpatri di nomor cantik HP saya, sih… Pertanyaan yang muncul di benak saya sekarang adalah kok aneh ya? Aneh saja, kenapa ujug-ujug lagu ini coba yang hadir di kepala?

Akhirnya, seperti sudah terprediksi sebelumnya oleh Miss TF, saya langsung memutuskan untuk menarik tangan teman saya, LA. Sesegera mungkin, saya membuka smart phone saya yang kerap kali diledeki jadul oleh The Most Special One—Malaikat Penghibur Hati. Untungnya semua ini terjadi tepat pada pukul 16.45 sore ini. Saat semua tugas nge-MC yang superheboh setengah harian di KCP tadi terselesaikan dengan sempurna. Gak kebayang kalau pas jadi MC mata saya fokus terus ke sakura itu, kan? Alhamdulillah banget, Allah selalu memberikan hati dan pikiran yang fokus jika semuanya diniatkan untuk memudahkan dalam kebaikan dan kebahagiaan.

Oya, saya cerita sedikit boleh? Hmm, tentang pengalaman perdana saya menjadi MC di KCP hari ini bersama Kak CA, siswa mungil kelas IX yang saya ajar di Kelas Khadijah. Setelah kemarin sorenya latihan sampai pukul 6 sore secara gila-gilaan hebohnya di kelas Ali Bin Abi Thalib… Semalaman sebelumnya—beberapa malam malah—saya merasakan nervous. Semacam demam panggung sebelum tampil pada hari H. Sampai-sampai H-1 sebelum hari ini, Mr. DMY memergoki nervous saya itu dan bilang kalau itu bukan cerminan saya banget! 😛 Hal ini seringkali terjadi karena ya ini hanya terlontar oleh orang-orang yang belum mengenal seutuhnya saya. Tak apa… Saya yang paling tahu siapa saya dari dalam dan Allah tentunya—bisa jadi bertambah satu orang lagi, The Most Special One itu.

Nah, begini… ketika merasakan serangan nervous yang tinggi ini, persiapan saya juga jauh lebih matang. Juga lebih besar. Halo… hampir tiap malam lho saya bela-belain untuk belajar, searching ini itulah tentang metode dare to be great public speaker. At last, banyak hal yang bisa saya dapatkan. Meskipun ya, jadi MC ini adalah tembakan alias mendadak. Sangat minim persiapan untuk latihan karena tahu sendirilah ya event besar yang baru kami lalui adalah rihlah ke Jogja dan event besar yang akan kami hadapi adalah Farewell Party untuk kelas IX. Jadi Microplus Robotic Challenge yang saya handle jadi MC ini adalah jepitan acara saja. Nyaris sudah biasa sebenarnya… sekolah tercinta saya, SMPIT Mentari Ilmu Karawang, suka mengadakan kesibukan di tengah-tengah kesibukan. Justru malah aneh kalau dinamisasinya kurang. Secara Mentari Ilmu kan progresif abis… 😀 Aamiin.

Oke. Saya sebut saja kepanikan untuk jadi MC itu dengan Creative Anxiety. Ketakutan yang kreatif karena semakin besar rasa takut ini maka semakin pula membangkitkan kreativitas… Ini teori mata kuliah berbicara dulu sih sewaktu di bangku S1. Syukurnya, kepake terus sampai sekarang. “_^ Alhamdulillah…

Flash back for a bit… Sejenak melongok masa lalu, yuuk…

Dari sewaktu zaman kuliah dulu, 2007 tepatnya (tuuh kan, dari dulu saya selalu beruntung dengan angka 9, hehe 2+0+0+7= 9, makanya saya suka)… saat saya menjadi MC perdana pada acara besar kampus dan fakultas saya pada acara Ekspresi Sastra Jurdikstrasia. Saat itu saya juga menjadi MC tembak untuk kurang lebih sekitar 300 orang penonton di Gedung PKM UPI. Yang tanpa sengaja telah melejitkan citra karir nge-MC saya hingga kini. Baru saya sadari bahwa di balik sisi pemalu saya—dan anehnya tak ada seorang pun yang percaya kalau saya itu pemalu—tersimpan sisi percaya diri yang mendalam sekaligus besar dalam memimpin sekaligus mengendalikan acara. Semua itu makin terlatih dengan baik melalui jam terbang menjadi MC di Muslimah Center Daarut Tauhid Bandung, Fasilitator ELTAPS-WEL-NOMOZ-AHa!… Saya belajar banyak dengan mengamati cara orang-orang hebat di sekeliling saya saat memandu sebuah acara dalam jumlah kapasitas yang selalu dibilang besar.

Menaklukan Karawang dengan jam terbang jadi MC terbaik ke semua tempat strategis dan berpengaruh besar yang ada di Karawang (2014).Mimpi yang terbesit di dalam hati dan pikiran itu sebelumnya saya tuangkan lewat dream list hidup saya. Merasa sangat beruntung bisa mengalirkan mimpi-mimpi hidup saya lewat bakat semangat jadi MC ini. Dan hari ini saya sangat bersyukur kepada Allah karena selangkah lebih dekat mewujudkan deret mimpi ke-34 saya tersebut. KCP kan salah satu tempat yang paling diminati pengunjung di kota Karawang. “_^

Dan ada banyak hal yang menarik hari ini. Sakura Jepang, Notes ‘n’ Words dari band One Ok Rock Jepang, dan menikmati makanan Hoka-Hoka Bento produk Jepang. Semoga ini jadi sinyal-sinyal baik untuk saya bisa melanjutkan studi S2 saya di Tokyo University Jepang. Paling tidak, sambil menunggu misi besar kami terwujud, saya dengan Malaikat Penghibur Hati yang saling komitmen menepati janji. Semoga Allah memudahkan harapan dan cita-cita baik masa depan kami.

Aamiin, dengan Allah semua pasti menjadi mungkin. Sangat mudah bagi Allah untuk membuat semua harapan baik ini terjadi. Alhamdulillah… we believe on Allah. I trust him of Allah. Insya Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s