Aku Ingin Selalu Hidup dalam Peka yang Cukup

Petala pikiran pun berloncat-loncatan menyambut setiap hela episode yang bergetar. Selaksa rasa mengandung debar, menyusupkan kerinduan tak terbilang. Dan tak bisa ditawar. Aku merasakan dengan detil apa-apa yang aku tuliskan sendiri dalam cerita rekaanku. Mewarkan gelora asa dan menguak setiap rahasia pikiran yang ada. Ini berarti setelah perjalanan panjang Hujan memang pasti kembali.

Setelah, nama Mas Harry betul-betul aku temui sebagai tetangga kosanku yg baru. Sudah nyaris dua bulan, aku bahkan tak pernah berani melihat wajahnya—karena takut akan betapa mirip wajahnya dengan rekaan cerita yang aku imajinasikan pada ‘Before I Forget”.

Setelah, jembatan gantung di Kalimantan—cerita titipan Mbak Kiki Lia aku gambarkan secara detil dalam imajinasi cerita “Yang Patah Telah Terganti”—aku benar-benar melewati jembatan gantung yang tak kalah horor ketika silaturrahim ke salah satu rumah guru Mentari Ilmu yang memiliki rumah di Cilamaya.

Setelah, aku merasakan seperti dicuci otak habis-habisan, dipaksa untuk mengubah jati diri, dan dikhianati seperti yang tokoh aku rasakan dalam “Dimmable Ballast Story” yang lolos dari pantauan Akademi Writing Bentang Pustaka (lolos di sini= belum lulus)

Rasa sedikit takut mulai merambati hatiku. Berarti cerita-cerita imajinasiku semuanya hidup. Bergetar, bergelora, berpendulum, dan menerobos kedalaman jiwa. Ngeri dan merinding adalah dua kata yang kerap mengepung.

Tapi, aku ingin tetap berjiwa dengan tulisan-tulisanku. Mengabadikan kenangan-kenangan. Mengikati ilmu-ilmu. Memangkasi kekesalan hati. Melancarkan otak kanan. Mengakui bahwa aku memang ada dan keberadaanku adalah memang selalu ada. Mendeteksi bahwa hati ini terjaga dalam peka yang cukup untuk segala hal yang berwangikan kebaikan. Menambal setiap kekurangan kecil yang aku miliki. Memetik hikmah dari hati yang semakin rendah dan kualitas kepala yang kian bijaksana.

Bismillah. Aku ingin selalu hidup dengan semua harapan baru yang aku punya. Untuk selalu menjadi yang terbaik dan terdepan dalam setiap kebaikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s